TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Calon peserta didik yang telah melakukan input data awal pada sekolah asal
    yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Tengah, jenjang pendidikan
    SMP/Sederajat dan lulusan tahun pelajaran 2020/2021.
    1.1. Pengajuan Akun
    a. Calon Peserta Didik (CPD) mengakses situs publik PPDB dengan alamat
    https ://ppdb.jatengprov.go.id
    b. CPD memasukan kata kunci yarg meliputi: NISN, NIK, dan Tanggal
    lahir
    c. Jika data CPD telah sesuai dengan kata kunci, CPD melakukan unggah
    pakta integritas
    d. Selanjutnya CPD melakukan persetujuan pengajuan akun
    e. CPD mencetak bukti pengajuan akun yang didalamnya tertera nomor
    peserta dan token
    1.2. Aktivasi Akun
    a. Calon Peserta Didik (CPD) mengakses situs publik PPDB dengan alamat
    https : //ppdb.jatengprov.go.id pada halaman “Aktivasi”
    b. CPD memasukkan Nomor Peserta dan token yang telah diperoleh dari
    proses sebagimana tersebut dalam angka 1.1 dan dalam Pengajuan Akun
    CPD melengkapi alamat email (optional)
    c. Langkah terakhir, CPD membuat kata kunci (password). Kata kunci ini
    akan digunakan ketika masukflogin ke situs PPDB
  2. Calon peserta didik yang belum melakukan input data, yaitu cpD yang
    merupakan lulusan sebelum tahun pelajaran 2020/2021, lulusan luar provinsi
    Jawa Tengah, lulusan Pendidikan Non Formal (Paket B) dan lulusan tahun
    pelajaran 2020/2021 yang belum input data sebagaimana tersebut dalam angka
    l, melakukan input data pada satuan pendidikan SMA/SMK Negeri di wilayah
    Kabupaten/Kota dengan ketentuan:
    2.1. Pengajuan Akun
    a. Calon peserta didik (CPD) mengakses situs publik PPDB dengan
    alamat https://ppdb.jatengprov.go.id
    b. CPD yang belum melalukan input data diminta melengkapi data pada
    formulir “info peserta” secara mandiri dan mengunggah dokumen
    pendukung, meliputi:
  • Kartu Keluarga (bagi pendaftar luar provinsi dan lulusan sebelum
    tahun pelajaran 2020/202l)
  • Surat Keterangan Nilai Rapor (rerata 5 semester untuk 4 mata
    pelajaran yang ditentukan)
  • Piagam/Sertifikat Kejuaraan yang paling tinggi (bagi yang
    memiliki)
  • Bukti kepemilikan kartu Program Indonesia Pintar (PIP/KIP) (bagi
    yang memiliki)
  • Surat keterangan domisili pondok pesantren (bagi yang memiliki)
  • Surat keterangan pindah tugas orang tua/wali (bagi yang memiliki)
  • Pakta integritas.
    c. Setelah mengisi secara lengkap, CPD akan mendapatkan bukti
    pengajuan akun yang didalamnya tertera nomor peserta dan token
    d. CPD menunggu pengajuan akun diverifikasi oleh operator pada
    satuan pendidikan SMA/SMK Negeri .
    2.2. Aktivasi Akun
    a. Calon Peserta Didik (CPD) mengakses situs publik PPDB dengan
    alamat https ://ppdb.jatengprov.go.id pada laman “Aktivasi”
    b. CPD memasukkan Nomor Peserta dan token yang didapatkan dari
    proses sebagaimana tersebut dalam angka 2. dan dalam Pengajuan Akun
    CPD melengkapi alamat email (optional).
    c. Langkah terakhir, CPD diminta untuk membuat kata kunci (password).
    Kata kunci ini akan digunakan ketika masuk /login ke situs PPDB.
  1. Cara pendaftaran
    3.1. Membuka situs PPDB daring dengan alamat https://ppdb.jatengprov.go.id.
    3.2. Menginput nomor peserta dan kata kunci (password) pada laman login.
    3.3. Calon Peserta Didik yang sudah memenuhi syarat akan mengakses laman
    pilih sekolah
    3.4. Calon Peserta Didik yang telah melakukan pendaftaran secara daring akan
    mencetak bukti pendaftaran yang didalamnya terdapat nomor pendaftaran.
    3.5. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB dengan
    nomor pendaftaran peserta PPDB.